Prezi

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in the manual

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

KERANGKA DASAR PENYAJIAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

C H A P T E R 2
by Fery Elf on 4 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KERANGKA DASAR PENYAJIAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

KERANGKA DASAR PENYAJIAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN Kerangka Dasar Penyajian dan Penyusunan Laporan Keuangan Kerangka Konseptual merupakan konsep-konsep yang menjadi dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum.

Tujuan Kerangka Konseptual
Penyusun standar akuntansi keuangan dalam pelaksanaan tugasnya.
Penyusun laporan keuangan untuk menanggulangi masalah akuntansi yang belum diatur dalam standar akuntansi keuangan. Kerangka Dasar Penyajian dan Penyusunan Laporan Keuangan Tujuan Kerangka Konseptual
Auditor dalam memberikan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disusun sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum.
Para Pemakai dalam menafsirkan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Kerangka Dasar Penyajian dan Penyusunan Laporan Keuangan Kerangka Konseptual menurut PSAK

Terdiri Dari:
Pengguna laporan keuangan
Tujuan laporan keuangan
Asumsi dasar
Karakteristik kualitatif
Konsep pengakuan dan pengukuran unsur laporan keuangan
Konsep pemeliharaan modal Pengguna dan Tujuan Laporan Keuangan PENGGUNA
Pengguna laporan keuangan meliputi investor, calon investor, pemberi pinjaman, karyawan, pemasok, kreditur lainnya, pelanggan, pemerintah, lembaga, dan masyarakat
TUJUAN
Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan yang bermanfaat bagi sebagian besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. KARAKTERISTIK KUALITATIF Menurut PSAK, terdapat empat karakteristik kualitatif pokok, yaitu:
Dapat dipahami
Relevan
Keandalan
Dapat dibandingkan Pengakuan Unsur Laporan Keuangan Pos yang memenuhi definisi suatu unsur laporan keuangan harus diakui jika:
Ada kemungkinan bahwa manfaat ekonomi yang berkaitan dengan pos tersebut akan mengalir dari atau ke dalam entitas lain.
Pos tersebut mempunyai nilai atau biaya yang dapat diukur dengan andal. Suatu pos yang memiliki karakteristik unsur tapi tidak dapat memenuhi kriteria pengakuan tetap perlu diungkapkan dalam catatan, materi penjelasan atau skedul tambahan. Pengukuran Unsur Laporan Keuangan Pengukuran adalah proses penetapan jumlah uang untuk unsur laporan keuangan yang disajikan dalam laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif. Beberapa dasar pengukuran:
Biaya historis (historical cost) adalah biaya perolehan pada tanggal transaksi.
Biaya kini (current cost) adalah biaya yang seharusnya diperoleh saat ini atau pada saat pengukuran.
Nilai realisasi/ penyelesaian (realizable/ settlement value) adalah nilai yang diperoleh dengan menjual aset dalam pelepasan normal (orderly disposal).
Nilai kini (present value) adalah arus kas masuk neto di masa depan yang didiskontokan ke biaya kini dari pos yang diharapkan dapat memberikan hasil dalam pelaksanaan usaha normal. Konsep Pemeliharaan Modal Konsep modal keuangan dianut entitas dalam penyusunan laporan keuangan. Dua Konsep Pemeliharaan Modal:
Pemeliharaan Modal Keuangan
Modal adalah aset neto atau ekuitas entitas yaitu uang atau daya beli yang diinvestasikan. Menurut konsep ini, laba hanya dihasilkan jika jumlah finansial (uang) dari aset neto pada akhir periode melebihi jumlah finansial (uang) dari aset netto awa periode.

Pemeliharaan Modal Fisik
Modal dipandang sebagai kapasitas produktif suatu entitas yang didasarkan pada hasil output per hari atau kemampuan untuk berproduksi. Menurut konsep ini, laba hanya diperoleh jika kapasitas produktif fisik (kemampuan usaha) pada akhir periode melebihi kapasitas produktif fisik pada awal periode. UNSUR LAPORAN KEUANGAN Posisi Keuangan
Aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh entitas.
Liabilitas merupakan utang entitas masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya entitas yang mengandung manfaat ekonomi.
Ekuitas adalah hak residual atas aset entitas setelah dikurangi semua liabilitas UNSUR LAPORAN KEUANGAN Kinerja
Penghasilan adalah kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan liabilitas yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.
Beban adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Exercise 2-4: Identify the qualitative characteristic(s) to be used given the information provided. Basic Elements Characteristics Exercise 2-4: Identify the qualitative characteristic(s) to be used given the information provided. Basic Elements Assumptions E2-8: Identify which basic assumption of accounting is best described in each item below. Principles Sekian dulu yahhhh !!
Terima Kasih Atas Perhatiannya... by: Feri Isdiansyah
See the full transcript